Baru Mulai Membuat Annual Report? Simak Tahapannya Disini!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Data dan informasi yang ada dalam annual report dirangkum secara komprehensif dan menyeluruh, mulai dari informasi umum hingga detail"

Annual report merupakan data dan informasi akurat dari sebuah perusahaan yang terangkum dalam sebuah laporan tahunan. Secara umum, annual report memberi data dan informasi yang dapat digunakan oleh orang-orang dari pihak eksternal perusahaan untuk melihat sejauh mana perusahaan tersebut berkembang selama satu tahun terakhir.

Proses pembuatan sebuah annual report dapat menjadi sangat kompleks bagi perusahaan karena melibatkan hampir seluruh divisi untuk ikut andil. Data dan informasi yang ada dalam annual report dirangkum secara komprehensif dan menyeluruh, mulai dari informasi umum hingga detail seperti keuangan disajikan dalam bentuk yang dibuat menarik dan mudah dipahami.

Oleh karena itu, bagi perusahaan yang baru mulai menulis annual report, tentu urusan ini akan sangat membingungkan karena tidak tahu harus mulai dari mana. Oleh karena itu, kami telah merangkum tahapan membuat annual report yang dapat Anda terapkan sebagai langkah awal perusahaan Anda menyapa para investor.

Tahapan Membuat Annual Report Perusahaan

Agar debut annual report perusahaan Anda berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam tahapan pembuatan annual report, yaitu:

  • Pahami Tujuan

Tujuan penulisan annual report adalah untuk menginformasikan prestasi yang diraih oleh perusahaan Anda selama satu tahun belakangan. Dengan menyampaikan pencapaian dan prestasi perusahaan Anda, respon publik yang diharapkan adalah semakin banyak minat investor untuk menginvestasikan dana yang mereka miliki ke perusahaan Anda. Selain itu, menulis annual report juga akan meningkatkan sentimen positif nama brand perusahaan Anda jika dilakukan dengan tepat.

  • Identifikasi Sasaran

Mengidentifikasi sasaran berarti menentukan secara pasti kepada siapa annual report yang dibuat tersebut akan ditujukan. Apakah kepada masyarakat umum? apakah kepada pemerhati pasar saham? apakah kepada media massa atau kepada investor perusahaan Anda?

  • Tentukan Tema

Menentukan tema laporan, yakni menentukan hal-hal penting apa saja, termasuk pesan utama yang ingin disampaikan kepada sasaran annual report perusahaan Anda. Pesan utama dapat berupa ucapan terimakasih, atau kata-kata penuh motivasi dan falsafah yang dipegang perusahaan.

Selain itu, menentukan tema desain yang akan digunakan dalam annual report juga sangat penting agar annual report perusahaan Anda dapat menarik perhatian khalayak untuk dibaca. Jangan hanya sekedar tulisan dan angka hitam putih saja, ya!

  • Visualisasikan Data

Mengkombinasikan angka-angka, grafik, foto, dan tulisan dalam annual report merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Sebab, annual report harus dibuat semenarik mungkin dengan desain yang menarik dan isi yang lengkap. Annual report yang terlalu tebal jika hanya diisi dengan angka dan tulisan yang formal akan membuat pembaca sulit mengerti apa yang dimaksud dalam annual report perusahaan Anda dan kemudian merasa jenuh.

  • Klasifikasikan Laporan Dalam Beberapa Bagian

Mengklasifikasikan laporan dalam beberapa bagian, selain membuat annual report menjadi lebih rapih juga akan memudahkan pembaca untuk mengerti maksud dan isi dari annual report perusahaan Anda. Poin dalam annual report dapat dipecah menjadi beberapa bagian, yakni ringkasan keuangan, surat kepada pemegang saham, operasi perusahaan, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, serta informasi seputar karyawan dan direksi perusahaan.

  • Masukkan Komentar dan Pesan Petinggi Perusahaan

Memasukkan komentar pimpinan perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Dengan demikian, pembaca akan merasa lebih dekat dengan perusahaan Anda karena kesan ramah yang ditunjukan meski hanya melalui gambar dan teks.

Pimpinan perusahaan merupakan seorang yang memiliki peranan penting dalam memberikan kesan perusahaan terhadap publik. Jika dapat memberikan kesan yang bagus, maka nama perusahaan atau brand akan mendapat atensi positif di ruang publik. Selain mendekatkan perusahaan Anda dengan pembaca,  hal ini juga untuk memberi kesan komitmen dari pihak manajemen supaya perusahaan tetap menjadi yang terdepan dalam hal memenuhi visi dan misi perusahaan.

Butuh Bantuan Dalam Menyusun Annual Report?

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda untuk menyusun annual report. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Anda dapat menggunakan layanan comprehensive analytic untuk mendapatkan hasil analisis mendalam dari berbagai sumber untuk mendapatkan insights tersembunyi mengenai konsumen yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda, seperti percakapan digital, pasar e-commerce, media sosial, dan bahkan struk belanja pelanggan.

Ivosights siap membantu Anda untuk lebih mengerti perilaku konsumen dan pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis dan menyusun annual report yang lebih menarik dan ‘kaya’ akan informasi yang bisa menarik lebih banyak investor, dan tentunya memanjakan investor yang sudah ada dengan annual report yang memuaskan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami