API Integration: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - API Integration. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - API Integration. Shutterstock.

"API integration, menjaga sinkronisasi data, meningkatkan produktivitas, dan mendorong pendapatan perusahaan Anda"

Application Programming Interface (API) adalah sebuah interface yang memfasilitaskan komunikasi dan hubungan antara daua atau lebih perangkat lunak. API intergration berfokus kepada konektivitas tanpa batas yang memungkinkan perusahaan dalam mengotomatisasi proses sebuah bisnis antara sebuah aplikasi dan sistem

Peran API ini sebagai perantara antara berbagai saluran aplikasi yang berbeda-beda, baik dalam satu platform yang sama ataupun lintas platform. API ini bisa di umpamakan sebagai pelayan di tempat makan, dimana tugas pelayan tersebut ialah menghubungkan tamu dengan juru masak.

API integration mendukung banyaknya proses di sektor dan lapisan perusahaan mauapun untuk menjaga sinkronisasi data, meningkatkan produktivitas, dan mendorong pendapatan perusahaan Anda. Oleh karenanya API ini sangat ppenting dibutuhkan dalam bisnis Anda.

Mengapa API Penting? Berikut Fungsi dari API

  • Membuat Aplikasi Fungsional yang Mudah

API ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat aplikasi yang fungsional dan kompleks. Dalam membuat aplikasi ini Anda tidak perlu lagi menambahkan data secara manual, karena secara mudah aplikasi yang dikembangkan akan memiliki fitur dari aplikasi lain. Contohnya, aplikasi ojek online. Aplikasi ini sangat perlu sekali menggunakan peran peta, namun ojek online ini tidak perlu lagi mengembangkan aplikasi peta sendiri. Karena dengan API, mereka hanya cukup mengambil data dari Google Maps.

  • Menghubungkan Cloud Apps

API integration diperlukan untuk menghubungkan API cloud apps.  Saat menghubungkan cloud apps, API integration telah menjadi standar. Karena sebagian besar teknologi, seperti Enterprise Service Buses (ESBs) yang beruang untuk mendukung konektivitas dari API itu sendiri.

  • Menghubungkan Solusi

Saat Anda menggunakan API integration platform, maka perusahaan atau bisnis Anda ini akan lebih mudah mendapatkan dan menghubungkan aplikasi dan tool terbaik yang tersedia. Dengan cara inilah, API dapat mengganti semua opsi yang sulit untuk menggabungkan semua tool karena API akan mencakup semuanya.

  • Perkerjaan Menjadi Cepat dan Mudah

Dengan adanya API ini Anda tidak perlu lagi melakukan komunikasi langsung dengan aplikasi lain yang ingin Anda hubungkan. Cukup dengan komunikasi melalui API semuanya akan secara mudah saling terhubung. Hal ini sangat membantu, terutama jika Anda ingin membangun aplikasi lintas platform dengan berbagai layanan sekaligus.

API integration dapat menawarkan pilihan yang lebih mudah, hanya dengan mengklik tombol, Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang akan Anda keluarkan, serta dengan adanya API integration ini Anda akan memanfaatkan sekaligus sepenuhnya investasi teknologi yang sudah ada melalui API.

  • Bisa Mengakses Data Lama

Mungkin Anda akan sulit dalam membuka kembali lagi sumber data yang lama. Tetapi, dengan API integration Anda bisa manfaatkannya dalam situasi dimana Anda mengalami kesulitan dalam mengakses data lama. Dengan solusi ini, perusahaan Anda dapat membuat API sendiri untuk penggunaan internal. Hal ini memungkinkan bisnis Anda lebih mudah untuk mengolah data dari server dan database yang lebih lama serta menggunakan alur kerja yang sudah berjalan.

  • Membuat Tim Menjadi Strategis

Dengan adanya API integration Anda tidak hanya dapat memfokuskan upaya mereka di tempat lain pada proyek strategis saja. Anda juga bisa menggunakan sedikit orang saja yang dibutuhkan untuk menjaga setiap divisi tetap produksi sehingga tim Anda akan lebih strategis.

  • Meningkatkan Produktivitas sebuah Tim

API integration memberikan kemudahan dan manfaat seperti mengoptimasikan konektivitas antara aplikasi dengan sumber dta. API akan menjadi keuntungan yang besar bagi perusahaan dalam aktivitas dan produktivitas tim Anda secara menyeluruh.

  • Mudah

Ternyata menggunakan API integration sangat mudah dalam melakukan pengawasan dan pemeliharannya, lho. Karena API tidak dilakukan oleh developer atau staff IT lainnya di perusahaan. API integration berfungsi sebagai single pane of glass untuk semua API terapkan dan buat. API integration tool juga dapat menyederhanakan proses manajemen, keamanan dan sebgainya.

  • API Integration Berguna untuk Perkembangan Perusahaan

Perusahaan Anda akan mengetahui bahwa mereka akan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi baru secara efektif dengan menggunakan API integration di masa depan, karena era digital semakin berkembang maka teknologi API ini juga akan terus berkembang.

Cara Kerja API

  • Aplikasi Mengakses API

Cara kerja yang pertama dalam API adalah ketika pengguna mengakses sebuah aplikasi. Contohnya ketika Anda ingin memesan tiket perjalanan untuk tujuan tertentu, maka aplikasi yang digunakan akan mengakses API maskpai penerbangan yang sudah dihubungkan.

  • API Melakukan Request ke Server

Setelah berhasil mengakses ke alamat API, permintaan Anda tersebut akan diteruskan ke server maskapai penerbangan untuk tanggal dan tujuan yang telah disebutkan diatas.

  • Server Merespon API

Ketika sudah menemukan data yang sesuai dengan permintaan diatas ini, server akan kembali menghubungi API. Data tersebut berupa informasi seperti ketersediaan tempat duduk, jam keberangkatanm dan lain sebagainya yang dibutuhkan Anda.

  • API Merespon Aplikasi

Terakhir, API meneruskan informasi dari server ke aplikasi Anda. Nantinya aplikasi yang Anda gunakan ini akan mendapatkan informasi yang didapatkan dari maskapai penerbangan yang sudah dihubunginya. Dimana proses ini akan berlangsung bersama dengan permintaan ke maskapai penerbangaan lain. Oleh karena itu, dalam pencarian aplikasi ini bisa menampilkan semua jadwal keberangkatan dari semua maskapai sekaligus.

Inilah pengertian, manfaat dan cara kerja dari API. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda ya. Sociomile adalah sistem Contact Center terlengkap untuk membantu brand dalam melakukan interaksi pelanggan dari beragam kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan Voice dalam satu Dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis.

Yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda (Custom Workflow). Kami menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai Workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang di develop secara cepat dengan dukungan tim lokal.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami