Annual Report Memerlukan Copywriting? Berikut Alasannya!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Copywriting dibutuhkan mengingat isi annual report yang kebanyakan adalah tulisan"

Sebagai salah satu hal yang penting di dalam suatu perusahaan, tentunya annual report membutuhkan sedikit banyak usaha untuk menyusunnya. Annual report dikenal sebagai salah satu laporan yang tidak hanya akan menjadi bahan pertimbangan menyimpulkan keberhasilan suatu perusahaan tetapi juga bisa menjadi suatu sarana yang berfungsi menggaet pelanggan. Tentunya, dengan fungsi yang cukup krusial ini, annual report mestinya disusun dengan penuh pertimbangan yang rapi agar mencapai tujuan dan fungsinya dengan baik.

Saat ini kita bisa mengenal sarana promosi bukan hanya melalui marketing yang gambling seperti direct sales saja. Melalui annual report kita juga bisa menemukan pelanggan lewat isinya. Mengingat isi annual report yang kebanyakan adalah tulisan, maka bisa dikatakan penting untuk suatu annual report berisikan tulisan-tulisan rapi, padat, dan informatif. Untuk itulah, copywriting dibutuhkan. Benarkah copywriting hanya dibutuhkan pada produk-produk untuk pemasaran saja? Ternyata tidak! Annual report-mu juga membutuhkan copywriting.

Penasaran mengapa? Pada artikel ini kamu akan mengetahui alasan kenapa annual report-mu membutuhkan copywriting demi kelangsungan dan kesuksesan perusahaan. Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Copywriting

Pada beberapa perusahaan, copywriting digunakan sebagai ujung tombak pemasaran yang paling krusial. Copywriting sendiri menjadi salah satu teknik memasarkan produk atau jasa melalui sebuah konten dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa agar mendapatkan respons dari konsumen. Menutut Agustrijanto yang menulis buku Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan, copywriting memiliki tujuan untuk membentuk perilaku konsumen agar tercapainya pesan dari penjualannya serta membujuk konsumen supaya tertarik pada produk yang diiklankan. Hal ini dikarenakan pada penulisan copywriting sendiri membutuhkan teknik-teknik eksklusif seperti attention, interest, desire, dan action yang tidak mudah diaplikasikan.

Nah, untuk melakukan copywriting wadahnya bisa bermacam-macam. Media untuk beriklan menggunakan copywriting bukan cuma terbatas pada televisi, majalah, dan website saja. Annual report-mu juga bisa dimasukkan teknik copywriting untuk beberapa alasan. Berikut ini kamu akan mengetahui alasan mengapa copywriting dibutuhkan pada annual report!

Alasan Annual Report Memerlukan Copywriting

Tidak disangka-sangka, annual report rupanya juga membutuhkan copywriting, lho! Mengapa? Karena annual report bisa dibaca oleh banyak orang, tentu kamu tidak ingin annual report yang dibaca banyak orang ini menampilkan tulisan yang tidak baik, bukan? Annual report sendiri merupakan laporan berisi rangkuman perkembangan dan pencapaian dari perusahaan dari satu tahun ke tahun berikutnya. Pembuatan annual report sendiri diatur dalam POJK tentang Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. Mengingat pentingnya annual report ini, tentu copywriting yang baik akan sangat membantu pembuatan annual report pada suatu perusahaan.

Selain itu, copywriting sendiri memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai urgensi atau alasan dari mengapa suatu annual report memerlukan copywriting.

Kelebihan Copywriting pada Annual Report

  • Menjadi Suatu Daya Tarik

Copywriting pada berbagai media memang sudah wajar menjadi daya tarik. Fungsi adanya copywriting sendiri memang mempercantik pengemasan marketing dengan balutan kata dan kalimat yang menarik perhatian. Tidak jarang copywriting dapat membantu menambah reputasi baik dari suatu perusahaan, lho!

Annual report sendiri akan sangat banyak memanfaatkan data, laporan, catatan, dan tulisan lain di dalamnya, oleh karena itu copywriting jika dimanfaatkan akan menambah daya tarik annual report itu. Annual report juga baru memberikan efek yang besar jika benar-benar dibaca oleh konsumen dan pekerjanya dengan teliti. Jika suatu annual report memiliki daya tarik yang tinggi, maka besar pula kemungkinan annual report-mu dibaca hingga selesai oleh pembacanya!

  • Meningkatkan Personal Branding

Pada beberapa perusahaan, personal branding sangat dibutuhkan. Kesuksesan suatu perusahaan adalah ketika brand itu dengan mudah dikenal, entah dikenal karena prestise yang besar, keterjaminan kualitas, hingga kredibilitas. Suatu personal branding yang kuat sering kali juga bisa menjadi pengendali pasar yang kuat. Banyak orang yang memilih suatu produk atau jasa hanya berdasarkan branding yang kuat.

Nah, copywriting pada berbagai kesempatan selalu berhasil meningkatkan personal branding suatu merek, perusahaan, produk, hingga jasa. Hal ini dikarenakan membangun personal branding juga membutuhkan kekhasan yang ideal. Copywriting bisa menjadi salah satu jalan untuk suatu perusahaan membangun ciri khas lewat copywriting. Apabila kesempatan menggunakan copywriting tidak terlalu banyak di dalam sebuah perusahaan, annual report perusahaan bisa disisipi teknik ini untuk mengembangkan pemasarannya.

  • Sebagai Sarana Promosi Kreatif

Sudah sewajarnya annual report akan didistribusikan pada khalayak umum. Selain sebagai pertimbangan evaluasi kinerja, annual report juga biasanya digunakan untuk disebar kepada konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka menilai perusahaan kita. Sungguh memungkinkan jika seorang pelanggan bisa tertarik pada suatu perusahaan melalui annual report. Untuk itu, penting untuk menjaga kualitas annual report yang baik agar annual report juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana berpromosi yang kreatif.

Copywriting dalam hal ini sangat mampu membantu fungsi sarana promosi kreatif melalui annual report. Sewajarnya kreativitas yang dikembangkan pada copywriting pasti akan memberikan nilai lebih pada annual report-mu. Copywriting sendiri memerlukan prinsip-prinsip yang dipastikan berfokus menjual produk secara efektif. Prinsip ini adalah attention atau perhatian yang memaksa tulisan itu harus bisa menarik perhatian konsumen. Kemudian interest atau minat yang mengharuskan tulisan bisa membuat konsumen tertarik. Lalu, desire atau keinginan yang berperan memengaruhi hasrat audiens. Dan terakhir action atau tindakan yang mewajibkan tulisan itu untuk memicu respons perbuatan dari konsumen seperti misalnya membeli atau menggunakan jasa kita.

Nah, itu dia alasan mengapa copywriting dibutuhkan dalam annual report suatu perusahaan. Untuk kamu dan perusahaanmu yang ingin membuat annual report, Ivosights bisa membantumu! Yuk, gunakan copywriting pada annual report kamu untuk memperkaya kelebihan-kelebihan pada annual report perusahaan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami