Apa Saja yang Ditulis pada Profil Perusahaan dalam Annual Report?

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 12 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Company profile dapat meningkatkan awareness pelanggan serta menarik perhatiannya"

Salah satu bagian yang menjadi sorotan utama untuk memasarkan perusahaan lewat annual report adalah profil perusahaan. Secara luas, company profile bertujuan untuk memberi tahu keberadaan sebuah perusahaan dengan informasi-informasi terperinci. Dengan demikian, company profile dapat meningkatkan awareness pelanggan serta menarik perhatiannya. Selain itu, adanya komponen ini juga penting untuk menarik perhatian investor.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui hal-hal yang harus ada pada profil perusahaan di dalam annual report. Sebelum sampai pada bagian itu, kamu harus memahami terlebih dahulu beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penampilan profil perusahaan.

Manfaat Profil Perusahaan pada Annual Report

Annual report diciptakan selain untuk mengevaluasi kinerja para pekerja adalah untuk menarik perhatian pelanggan. Tentu tidak ada pelanggan yang tertarik dengan suatu perusahaan tanpa dia mengenali terlebih dahulu perusahaan tersebut. Di sinilah peran profil perusahaan dimunculkan!

  • Menciptakan Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu hal terpenting dari dibuatnya company profile adalah menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Pelanggan dapat melihat secara lebih rinci terkait apa saja informasi yang ditanamkan oleh perusahaan. Lalu, pelanggan bahkan dapat berkomunikasi langsung dengan tim pemasaran lewat kontak yang tersedia. Dilansir dari Udemy, hal ini bisa membantu pertumbuhan bisnis dengan baik karena berhasil mengarahkan kepada pelanggan dengan tepat.

  • Sebagai Alat Pemasaran

Secara tidak langsung company profile juga dapat dijadikan sebagai alat pemasaran bagi perusahaan. Bagaimana tidak, di dalam profil perusahaan tentu sudah tertera deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan demikian, calon konsumen dapat membacanya terlebih dahulu dengan seksama sebelum mereka membeli dan menggunakan produk atau layanan tersebut.

  • Memperkuat Branding

Tidak kalah penting, profil perusahaan juga penting untuk memperkuat branding perusahaan. Pasalnya, di dalamnya tentu tercantum kelebihan serta keunggulan perusahaan dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Hal ini memicu calon pelanggan untuk mempertimbangkan perusahaan. Apabila dikemas dengan baik, besar kemungkinan calon pelanggan akan minat terhadap perusahaanmu.

  • Memberikan Gambaran Perusahaan

Selain sebagai alat pemasaran dan branding, profil perusahaan juga akan memberikan wawasan kepada calon pengguna terkait dengan perusahaan. Pasalnya, di dalamnya berisi mengenai sejarah serta pertumbuhan yang sudah dilalui oleh perusahaan. Hal ini secara tidak langsung akan memicu calon pelanggan untuk melirik perusahaan tersebut.

Hal yang Harus Ada Pada Profil Perusahaan Annual Report

Seperti yang sudah dijelaskan, tujuan adanya profil perusahaan adalah adalah untuk memberi tahu informasi terkait perusahaan kepada audiens atau pengunjung. Dengan begitu, perhatikan dengan saksama apa saja informasi yang harus dituliskan dan mana sekiranya yang tidak perlu.Dilansir dari Make Use Of, berikut ada beberapa unsur penting yang harus dimasukkan ke dalam company profile:

  • Detail Perusahaan

Masukkan informasi-informasi detail untuk dimasukkan ke dalam profil perusahaan. Hal ini dilakukan supaya audiens dapat mengenal perusahaanmu lebih dalam. Kamu juga bisa menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan misalnya saja lokasi strategis, nama perusahaan yang unik, atau hal-hal bersifat teknis lainnya. Berikut ini adalah beberapa detail perusahaan yang bisa dituliskan pada detail perusahaan:

  1. Nama perusahaan
  2. Tanggal didirikan
  3. Alamat perusahaan
  4. Nomor telepon
  5. Alamat situs web
  6. Alamat email
  • Informasi Dasar Perusahaan

Sebenarnya, tidak semua jenis perusahaan perlu menuliskan informasi-informasi dasar perusahaan di bawah ini. Namun, tambahan ini akan memperkuat branding yang bisa meyakinkan pembaca. Sebab dari sini perusahaan bisa menunjukkan hal-hal unik yang mungkin tidak ada pada perusahaan lain tetapi dimiliki oleh perusahaan kamu. Terlepas dari itu, ini adalah informasi-informasi dasar perusahaan yang bisa dituliskan:

  1. Visi dan misi
  2. Deskripsi produk atau layanan
  3. Sejarah dan pertumbuhan
  4. Detail tim inti
  5. Portofolio klien
  • Pencapaian Perusahaan

Apabila perusahaan sudah mendapatkan beberapa pencapaian, penting untuk dimasukkan ke dalam profil perusahaan. Sebagaimana tujuan dari annual report sendiri juga menjuak perusahaan, maka masukkan komponen ini untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Pencapaian yang bisa ditulis dalam profil perusahaan misalnya adalah:

  1. Penghargaan
  2. Sertifikasi
  3. Program dan proyek khusus
  4. Testimoni
  5. Pengakuan dari media atau berita
  • Informasi Tambahan

Opsi ini bersifat opsional sehingga tidak diharuskan untuk mencantumkannya. Contoh dari informasi ini adalah penjualan tahunan, target keuangan, jumlah karyawan, mitra, dan foto-foto. Selain itu, informasi lebih seperti struktur organisasi yang jelas, strategi perusahaan dalam memanajamen SDM serta pemasarannya bisa dimasukkan lebih detail lagi!

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan pada profil perusahaan dalam annual report perusahaanmu. Hal ini tidak hanya menambah kreativitas marketing perusahaan tetapi juga bisa secara signifikan menarik perhatian pembaca agar annual report perusahaan bisa secara efektif dibaca oleh pelanggan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami