3 Syarat Pembuatan Annual Report yang Perlu Kamu Ketahui

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report dibuat untuk mengetahui informasi penting yang ada pada perusahaan seperti laporan kegiatan hingga keuangan"

Peran annual report yang penting untuk suatu perusahaan tentu menjadikan pembuatan laporan ini memerlukan sedikit usaha dan ketelitian yang tidak mudah. Annual report pada dasarnya dibuat untuk mengetahui informasi-informasi penting yang ada pada perusahaan seperti laporan kegiatan, operasional perusahaan, hingga keuangan.

Nah, mengingat betapa penting peran annual report untuk suatu perusahaan, maka sudah sewajarnya jika untuk menyusun annual report juga dibutuhkan beberapa komponen penting yang harus dipenuhi. Selain itu, annual report juga harus dibuat dengan memenuhi beberapa persyaratan juga, lho! Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui kriteria umum mengenai syarat pembuatan annual report yang baik. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu kertahui:

Syarat Pembuatan Annual Report

  • Annual Report Harus Mudah Dipahami

Adanya annual report mestinya bisa memberikan gambaran yang berguna untuk meningkatkan kinerja pekerja dan juga kualitas perusahaan. Apabila suatu annual report tidak bisa dipahami, maka keberadaan annual report menjadi sia-sia. Oleh karena itu, satu syarat penting pembuatan annual report yang pertama adalah memastikan annual report bisa mudah dipahami oleh banyak orang secara umum termasuk untuk konsumsi publik. Annual report yang baik juga harus memiliki gambaran jelas terkait kinerja perusahaan dari berbagai divisi, termasuk tujuan dan target yang akan perusahaan capai di masa depan.

  • Annual Report Harus Menyertakan Data yang Relevan

Kriteria atau syarat penting lain dalam pembuatan annual report adalah memastikan data yang ditampilkan dalam annual report ini relevan dengan kenyataannya. Misalnya untuk keuangan, maka data yang harus dikeluarkan harus sesuai dengan waktu dan periode tiap kejadian yang terjadi tanpa adanya unsur menambah atau mengurangi kenyataanya. Laporan ini memang bersifat untuk menunjukkan isi dari perusahaan secara transparan, namun sebaiknya annual report harus bisa memuat kinerja yang benar-benar telah terhadi selama setahun ke belakang.

Selain itu, annual report untuk perusahaan yang membutuhkan data keuangan juga harus dibuat sesuai dengan ketentuan OJK dan ARA tanpa ada manipulasi atau kebohongan yang ditutupi dalam bentuk apapun sebab hal ini bisa berisiko membuat annual report menjadi tidak sah.

  • Annual Report Harus Memberikan Informasi yang Detail

Syarat pembuatan annual report yang baik berikutnya adalah adanya informasi yang cukup jelas. Dalam hal ini, informasi yang detail pasti akan membantu kejelasan dan transparansi pada annual report. Untuk meningkatkan kredibilitas annual report, maka kamu perlu merincikan seluruh informasi dengan jelas dan detail. Hal ini bisa menunjukkan kesuksesan dari hasil annual report yang transparan dan teruji validitasnya. Sebagai pelengkap informasi detail ini, dibutuhkan kegiatan crosscheck yang mendalam terkait informasi dan data-data yang akan dimasukkan ke dalam laporan.

Itu dia ketiga syarat penting pembuatan annual report pada suatu perusahaan. Dengan ini bisa dikatakan bahwa menyusun annual report itu tidak mudah dan membutuhkan banyak ketelitian. Oleh karena itu jika kamu ingin menyusunnya, pastikan selain komponen pentingnya sudah terpenuhi, syarat-syaratnya juga sudah dicek dan dipenuhi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami