9 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 04 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Tak hanya mempromosikan produk dan jasa, email marketing merupakan salah satu strategi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan"

Anda bingung bagaimana cara melakukan penjualan pada produk dan jasa dari perusahaan atau bisnis Anda? Salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan adalah email marketing. Email Marketing sendiri merupakan strategi yang digunakan untuk melakukan promosi dan penjualan suatu produk atau jasa melalui pesan elektronik secara digital atau email. 

Email Marketing tidak hanya digunakan oleh perusahaan kecil untuk mengenal produk atau jasanya kepada pelanggan saja, namun perusahaan besar pun juga menggunakan model ini untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pasalnya, strategi ini dinilai ampuh. Selain biaya operasionalnya yang tidak mahal, penggunaannya juga tergolong mudah.

Tak hanya itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan email marketing. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh saat menggunakan email marketing.

#1 Mempromosikan produk. Dengan email marketing, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa Anda dengan tujuan menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

#2 Bersifat personal. Email marketing biasanya bersifat secara personal atau pribadi. Sifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih eksklusif kepada pelanggan atau calon pelanggan. Ketika pelanggan atau calon pelanggan telah menerima atau membaca isi pesan Anda, akan meningkatkan kemungkinan pelanggan tersebut untuk membeli produk atau jasa Anda.

#3 Informasi cepat. Menggunakan email marketing akan mempermudah penjualan dan menjangkau pelanggan secara cepat karena yang dilakukan oleh email marketing adalah email dan koneksi internet. Hal ini bisa dilakukan karena pengguna internet saat ini, pasti mempunyai yang namanya email.

#4 Hemat biaya. Email marketing membuat biaya operasional menjadi lebih hemat karena bentuk fisiknya tidak ada. Yang penting pada Email Marketing adalah adanya jaringan internet. Dengan menggunakan email marketing, tingkat pesan akan direspon oleh pelanggan atau calon pelanggan tergolong tinggi kemungkinannya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan strategi ini.

#5 Menargetkan calon pelanggan secara tepat. Menggunakan email marketing dapat menargetkan calon pelanggan secara tepat. Dengan email marketing, Anda bisa menyaring pelanggan seperti rentang usia agar kegiatan penjualan dan promosi tidak salah sasaran.

#6 Memberikan update tentang produk. Dengan adanya database email, Anda dapat melakukan pembaruan atau penawaran kembali kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan atau calon pelanggan dapat mengetahui produk mana yang baru dan bisa langsung memesannya.

#7 Campaign dapat diukur. Dengan adanya email marketing, Anda dapat melakukan campaign yang dapat diukur setiap waktunya dan Anda bisa melihat berapa email yang terkirim beserta melihat siapa saja yang membuka isi dari pesan tersebut. Setelah itu, Anda bisa melakukan analisa dari kekurangan yang bisa Anda perbaiki lagi untuk perkembangan bisnis perusahaan Anda. Anda juga dapat melihat data statistic dari hasil campaign terhadap produk dan jasa Anda melalui email dengan mudah.

#8 Kerjasama dengan pelanggan. Dengan adanya email marketing, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka dengan memberikan saran yang membangun perkembangan bisnis Anda. Email yang Anda kirimkan tidak hanya untuk penawaran dan promosi saja, Anda juga bisa memberikan tips atau informasi dengan cara yang lebih mudah.

#9 Mudah dibagikan. Dengan adanya email marketing, akan membuat para pelanggan dapat berbagi segala penawaran produk ke teman-temen mereka. Hal ini secara tidak langsung akan membuat produk atau jasa akan dikenal oleh lebih banyak orang. Tentunya ini merupakan keuntungan karena pelanggan Anda bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

Itu dia manfaat dari penggunaan email marketing bagi kebutuhan bisnis Anda. Dengan adanya email marketing, Anda bisa mudah melakukan penawaran dan penjualan kepada pelanggan tanpa harus menemui mereka secara langsung karena Anda hanya menggunakan email. Selain itu, penggunaan email marketing akan menghemat biaya operasional perusahaan pesan ini bersifat digital tanpa adanya fisik.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami