7 Skill yang Wajib Dimiliki Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Agent telemarketing harus memiliki beberapa kemampuan, seperti komunikasi yang baik, pemahaman tentang marketing hingga terampil dalam mengatur waktu."

Dalam menjalankan sebuah profesi, pasti dibutuhkan skills atau kemampuan yang diperlukan tergantung pekerjaannya, termasuk telemarketing. Mungkin banyak orang mengira bahwa Telemarketing mirip dengan call center yaitu menelepon. Tidak salah memang, tapi ada tugasnya yang berbeda. Begitupun dengan kemampuan yang wajib dimiliki telemarketing. Pada artikel kali ini akan membahas tentang Skills atau kemampuan yang dibutuhkan untuk Telemarketing. Berikut ulasannya!

#1 Kemampuan Marketing yang Baik

Seorang yang berprofesi sebagai telemarketing harus memiliki kemampuan marketing yang baik. Kemampuan Marketing yang dibutuhkan yaitu pemahaman pasar dan demografi calon pelanggan meliputi usia, pekerjaan, gender, dan lain-lain. Hal ini dibutuhkan agar Anda tidak asal-asalan menghubungi calon pelanggan. Anda sebagai agent telemarketing diharuskan untuk menelepon calon pelanggan sesuai dengan target pasarnya. maka dari itu, dibutuhkankanlah pengetahuan tentang Marketing.

#2 Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sebagai agent telemarketing, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik merupakan kunci untuk kelancaran dalam sebuah percakapan hingga ke tahap penawaran produk atau jasa bisnis Anda. Komunikasi yang baik itu seperti apa? Berikut merupakan cara menjalin komunikasi yang baik dengan calon pelanggan:

  • Punya intonasi yang baik dan tepat. Seorang agent yang baik mempunyai kemampuan komunikasi yang terkesan santai dengan kecepatan suara dan nada yang tidak kaku. Maka dari itu, Anda diminta untuk menjalin percakapan dengan calon pelanggan yang terkesan santai dan formal.
  • Bisa membangun pembicaraan dengan calon pelanggan. Sebagai agent Telemarketing, disarankan untuk melakukan pembicaraan secara mengalir seperti arus air dan tidak terpaku dengan skrip yang ada. Hal ini dibutuhkan agar calon pelanggan merasa nyaman dan tentu akan meningkatkan Customer Experience.

#3 Menjadi Pendengar yang Baik

Agent telemarketing harus menjadi pendengar yang baik ketika menghadapi calon pelanggan saat mereka mengajukan pertanyaan atas penawaran yang telah ditawarkan.

#4 Pekerja Keras dan Tidak Mudah Menyerah

Dalam dunia marketing tidak selalu ada yang namanya lancar ketika melakukan penawaran. Tak heran jika ada calon pelanggan yang terganggu saat mereka dihubungi oleh agent. Agent harus memahami calon pelanggan dan tidak memaksanya. Seorang agent telemarketing harus seorang pekerja keras dan tidak mudah menyerah untuk mencari calon pelanggan.

#5 Multitasking

Ketika saat menghubungi calon pelanggan, agent harus bisa bekerja secara multitasking. Agent selain berbucara dengan calon pelanggan melalui telepon, dia juga harus bisa sambil menulis poin-poin penting dalam percakapannya. Maka dari itu, seorang agent diperlukan memiliki product knowledge dan wawasan yang baik.

#6 Pemecah Masalah yang Baik

Seorang agent harus bisa memecahkan masalah yang dialami oleh pelanggan dengan cepat dan tepat. Tak hanya itu, agent juga harus bisa membuat percakapan senyaman mungkin bagi pelanggan.

#7 Keterampilan Manajemen Waktu

Seorang agent selain memiliki kemampuan dalam komunikasi, mereka juga harus terampil dalam mengatur waktu. Agent bisa menghubungi calon pelanggan melalui telepon berdasarkan demografi pelanggan. Anda bisa menghubungi mereka disaat bukan jam yang sibuk, sehingga Anda bisa melakukan panggilan di waktu yang tepat.

Itu dia skills atau kemampuan yang dibutuhkan bagi seorang agent telemarketing. Agent telemarketing tentunya harus memiliki kemampuan seperti komunikasi yang baik, pemahaman tentang marketing, pemecah masalah, tidak mudah menyerah dalam mencari calon pelanggan, dan terampil dalam mengatur waktu. Selain itu, harus mampu bekerja dibawah tekanan misalnya seperti ada calon pelanggan yang marah-marah, nah disitu agent harus tetap tenang.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami