6 Manfaat Email Marketing

Sociomation | Jumat, 12 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

Bagi Anda pelaku bisnis, apakah pernah mendengar istilah email marketing? Lalu apa manfaatnya bagi bisnis Anda? Artikel kali ini akan membahas tentang definisi dan manfaat dari email marketing. Simak terus artikel ini yah!

Definisi

Email marketing adalah saluran dimana sebuah bisnis mengirimkan produk serta info terbaru pada customer melalui email. Email marketing juga merupakan cara untuk berhubungan dengan customer, serta menjadi platform untuk berkomunikasi dengan mereka.

Dewasa ini penggunaan email marketing sama pentingnya dengan berbagai saluran marketing lain. Ini karena dengan email marketing, adan bisa mengenalkan produk baru pada customer, membangun awareness, membangun percakapan, serta meningkatkan penjualan.

Email marketing juga merupakan saluran marketing yang murah jika dibanding channel marketing lainnya. Dibanding google ads, atau sosial media ads, menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran lebih irit dari segi ongkos dan usaha.

Manfaat Email Marketing

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat ketika menggunakan email marketing. Beberapa manfaatnya antara lain:

#1 Meningkatkan Penjualan

Manfaat email marketing yang pertama adalah meningkatkan penjualan. Kurang lebih ada sekitar 4 milyar orang yang menggunakan email di dunia. Hal ini tentu akan membuat email marketing punya probabilitas yang tinggi untuk meningkatkan penjualan.

Menurut sebuah survei yang dikumpulkan oleh Hubspot, 59 responden berkata bahwa email mempengaruhi keputusan apakah mereka akan membeli suatu produk atau tidak. Email marketing campaign yang menawarkan sebuah produk atau layanan bisa mendorong customer untuk membeli atau menggunakan layanan tersebut, atau mengabaikannya. Maka penting untuk kamu bisa memanfaatkan strategi email marketing ini untuk meningkatkan penjualan bisnismu.

#2 Pesan yang Personal

Dengan email marketing, Anda bisa menulis pesan personal kepada audiens. Personalisasi juga penting sebagai upaya seseorang untuk menggunakan produkmu. Untuk menciptakan pesan yang personal, Anda bisa menyebutkan nama customer di subjek pesan. Atau, anda juga bisa menciptakan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiensmu. Anda juga bisa mengirim email di waktu yang tepat, misalnya, di waktu dimana mereka aktif menggunakan laptop atau gawai mereka.

#3 Mengumpulkan Feedback

Manfaat lain dari email marketing adalah sebagai medium membagun relasi dengan customer. Ketika seseorang membeli produk Anda, maka Anda pasti berharap orang itu melakukan pembelian kembali, bukan? Anda bisa melakukan hal ini dengan email marketing. Salah satu caranya adalah dengan mengirim survei kepuasan pelanggan ke email mereka. Isinya adalah meminta mereka untuk mengisi tanggapan tentang produk/layanan yang sudah dibeli.

#4 Berkomunikasi dengan Audiens

Manfaat lain dari email marketing adalah kamu bisa berkomunikasi dengan audiens. Sebagai pelaku bisnis, penting agar menjaga hubungan baik dengan customer Anda. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan. Anda bisa mengobrol dengan mereka lewat sosial media, membuka QnA, hingga mengirim pesan lewat email marketing.

Salah satu cara untuk berkomunikasi dengan audiens lewat email marketing adalah dengan membuat konten yang personal. Artinya, kita membuat konten yang relevan dengan segmentasi audiens, yakni membuat konten yang sesuai dengan apa yang mereka sukai dan butuhkan. Ingat! Bukan berarti terus menerus mengirim konten-konten produk. Hal itu akan membuat audiens bosan. Kirimlah konten-konten tips and trick, serta info-info terbaru yang kira-kira akan menarik minat mereka.

#5 Menambah Traffic ke Situs Web

Email marketing juga bisa menambah traffic ke website yang kamu miliki. Dengan bertambahnya traffic, produk dan konten yang terdapat di website Anda akan lebih berpeluang untuk dilirik konsumen. Caranya adalah dengan menambahkan Call to Action (CTA) di pesan-pesan tertentu dalam strategi email marketingmu. CTA ini berfungsi untuk mengajak audiens untuk mengunjungi website yang Anda punya.

#6 Lebih Murah dibanding Saluran Lain

Email marketing juga cenderung murah dibanding melakukan promosi lewat channel lain. Misalnya, jika Anda melakukan promosi tradisional lewat pamflet dan baliho, tentu akan membutuhkan biaya yang mahal. Pun, email marketing juga cenderung murah jika dibandingkan platform promosi lainnya, seperi search engine marketing (SEM) hingga beriklan di sosial media.

Yuk Gunakan Email Marketing

Salah satu keuntungan menggunakan email marketing adalah Anda bisa mengirim pesan ke banyak audiens dalam satu waktu. Jika anda tertarik untuk memaksimalkan layanan email marketing, anda bisa menggunakan layanan Sociomation dari Ivosights. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mengirim email yang terpersonalisasi ke tiap Audiens Anda.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.