5 Tips Sederhana Membuat Annual Report untuk Perusahaan

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Melakukan update berkala menjadi salah satu tips sederhana untuk membuat annual report. Update berkala ini meliputi data hingga teknik penulisan dan tampilan"

Setiap perusahaan membuat annual report sebagai bentuk memenuhi perkembangan perusahaan entah dari pelanggan maupun dari internal perusahaan itu sendiri. Apalagi perusahaan yang sudah tercatat di pasar saham maka mereka wajib membuat annual report setiap tahunnya. Namun, meski begitu, tidak semua perusahaan bisa menyusun annual report yang baik dan benar dengan mudah. Hal ini dikarenakan ketidakpahaman mereka akan tahapan pembuatannya.

Pada artikel ini kamu akan mempelajari secara sederhana mengenai tips-tips pembuatan annual report yang bisa kamu tiru untuk perusahaanmu. Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

5 Tips Membuat Annual Report

Kamu harus mengetahui bahwa menulis dan menyusun annual report bukanlah pekerjaan yang sederhana. Selain menyita cukup banyak tenaga dan waktu, pembuatan annual report juga akan memakan banyak usaha untuk mengumpulkan kreativitas. Namun, bukan berarti hal ini tidak ada solusinya. Di bawah ini merupakan lima tahapan sederhana untuk membuat annual report yang bisa kamu ikuti!

  • Membuat Profil Perusahaan

Annual report yang dibuat untuk perusahaan akan banyak mengambil data dari perusahaan entah terkait keuangan atau bahkan kinerja dari pekerja termasuk visi misi perusahaan. Detail lengkap mengenai perusahaan ini biasanya hanya akan didapat pada profil perusahaan. Oleh karena itu, sebelum memulai menyusun annual report, ada baiknya suatu perusahaan sudah memiliki profil perusahaan yang jelas.

Jika perusahaanmu belum memilikinya, maka membuat profil perusahaan adalah suatu tahapan pertama yang harus kamu lakukan. Melalui profil perusahaan, manajemen yang mengatur annual report bisa menambahkan ide-ide kreatif dalam mengembangkan laporannya agar annual report bisa terlihat menarik dan nyaman dibaca oleh banyak orang.

  • Melakukan Update Berkala

Dalam annual report, tentunya akan ada banyak data yang dimasukkan untuk dijadikan bahan analisis. Hal ini mencakup data-data keuangan dan juga daftar nama tim pada direksi atau manajemen. Jika pada satu tahun terjadi banyak perubahan pada tim, maka kamu harus melakukan update untuk disesuaikan dengan yang terbaru.

Selain data-data yang harus di-update, teknik penulisan dan tampilan dari suatu annual report juga harus diperbarui menyesuaikan keperluan. Apabila annual report yang tertulis ternyata sangat banyak, maka tampilan dan tulisannya bisa diperbarui dengan penyajian berbentuk infografis sederhana. Begitu pula dengan update-update lain yang terus menyusul.

  • Menyusun Strategi Copywriting

Annual report ditampilkan akan sangat banyak memanfaatkan bahasa untuk berkomunikasi dengan pembacanya. Pembaca juga akan datang dari banyak kalangan umum. Oleh karena itu, detil penulisan pada annual report ini penting untuk diperhatikan agar tidak menjadi sesuatu yang menurunkan citra perusahaan. Penyusunan strategi copywriting dilakukan dengan tujuan agar tidak ada kesalahan informasi di mata konsumen. Selain itu, strategi copywriting yang matang ini penting karena annual report juga selalu dijadikan sarana promosi kreatif yang bisa menggaet lebih banyak pelanggan.

  • Membuat Produk Contoh sebelum Dicetak

Annual report akan dicetak massal untuk kepentingan konsumen dan juga pekerja. Untuk itu, sebelum pencetakan yang akan memakan banyak dana dan tenaga, ada baiknya annual report melewati tahap pembuatan produk contoh atau dummy. Hal ini juga bisa menolong agar desain dan warna yang sudah dirancang sesuai dengan yang sudah dicetak. Selain itu ini bisa meminimalisasi kerugian yang lebih besar jika ada kesalahan-kesalahan.

  • Crosscheck Distribusi pada Report

Kesalahan pada annual report mungkin masih bisa terjadi saat proses cetak massal sudah selesai. Mungkin bukan pada data, akan tetapi pada kesalahan distribusi seperti hasil cetakan yang rusak, cacat dan lain sebagainya. Sebagai bentuk profesionalitas, perusahaan wajib melakukan crosscheck berkala pada saat mendistribusi annual report kepada konsumen. Salah satu tips yang paling memungkinkan untuk bisa dilakukan pada tahap ini adalah dengan memilih jasa pengiriman terbaik.

Nah, itu dia kelima tips sederhana membuat annual report untuk perusahaan. Jika kamu bermaksud membuat annual report untuk perusahaan, maka pastikan kamu sudah mengetahui tahapan dan komponen pentingnya serta ikuti tips di atas untuk memudahkan proses penyusunan annual report!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami