5 Strategi Omni-channel untuk Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 07 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.

"Omni-channel merupakan strategi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang konsisten untuk pelanggan melalui beberapa saluran."

Anda merupakan pebisnis yang mengutamakan kenyaman pelanggan? Kalau begitu, Anda harus memahami apa itu Omni-channel. Omni-channel merupakan strategi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang konsisten untuk pelanggan melalui beberapa saluran. Selain itu, strategi ini juga memudahkan agent untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Fitur Kecerdasan Buatan pada Omni-channel

Omni-channel menggunakan teknologi berupa Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memiliki peran sangat vital. Teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan memungkinkan Anda untuk mempelajari apa yang diinginkan pelanggan dan juga memungkinkan personalisasi dalam skala yang besar, sehingga mempermudah pelanggan untuk menemukan kebutuhan mereka secara cepat, lebih puas dengan pengalaman, dan melihat konversih yang lebih tinggi. Strategi tersebut juga dapat menunjukkan kepada pelanggan dengan karakteristik produk-produk tertentu.

5 Strategi Omni-channel untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Menggunakan Omni-channel juga membutuhkan beberapa strategi yang berguna untuk meningkatkan bisnis Anda. Apa saja? Berikut adalah lima strategi pada Omni-channel:

#1 Kenali Pelanggan Anda

Kenali dan pahami keinginan pelanggan Anda, jangan asumsi. Kenali pelanggan Anda dengan meneliti minatnya, perilaku, dan kebutuhan target audiens Anda. Caranya bisa berikan pertanyaan kepada mereka, memberikan feedback atau umpan balik, dan manfaatkan media sosial beserta alat-alat untuk memantau dengan alat seperti Analytics.

#2 Pilih Saluran yang Tepat

Cari tahu di mana pelanggan Anda berada dan apa yang mereka lakukan. Hal ini diperlukan karena akan mempermudah bisnis Anda untuk menjangkau mereka.

#3 Pilih Tujuan yang Jelas Beberapa Saluran

Satu channel terutama untuk interaksi, sedangkan channel lain untuk pembaruan berita dan untuk lain hal lain.

#4 Hubungkan Semua Saluran

Strategi ini merupakan hal yang sulit dan hanya akan berfungsi jika bisnis Anda menjalankannya dengan sempurna (hanya Omni-channel). Bisnis Anda akan membutuhkan teknologi yang tepat untuk mengikuti pelanggan Anda di semua titik kontak seperti membaca ulasan di situs web bisnis Anda, melihat iklan sosial, window shopping di pasar online hingga akhirnya bisa membeli di toko fisik bisnis Anda.

#5 Pertahankan Saluran Bisnis Anda

Tidak ada waktu bersantai, teruslah menguji dan meningkatkan strategi bisnis Anda. Dokumentasikan titik-titik kontak dengan sebaik-baiknya untuk melayani pelanggan Anda se-istimewa mungkin. Dengan strategi ini, Anda bisa menciptakan peluang untuk pelanggan agar mereka setia untuk terus kembali lagi ke bisnis Anda.

Nah, menggunakan Omni-channel selain menguntungkan bisnis Anda, harus dipahami juga strategi-strateginya dari mengenali pelanggan, memilih saluran yang tepat, memilih tujuan yang jelas, menghubungkan semua saluran, hingga mempertahankan saluran bisnis Anda. Tak hanya itu, Omni-channel juga didukung denga teknologi Kecerdasan Buatan yang tentunya ikut mempermudah bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami