Mengapa kita harus peduli dengan social listening atau mendengarkan pelanggan? Jawabannya sederhana, kita akan mendapatkan insights berharga tentang pelanggan, produk, kompetitor, hingga prospek bisnis ke depannya. Dalam hal ini, jika kita tidak mendengarkan pelanggan, sama halnya kita tidak begitu peduli dengan mereka―dan ini terbilang sebagai salah satu bisnis yang buruk.

Bayangkan, saat ini pelanggan dapat membicarakan merek atau produk kita di beragam saluran digital. Jika perbincangan mereka negatif dan kita tidak segera menanganinya, bukan tidak mungkin hal tersebut akan menularkan perbincangan negatif lainnya dalam skala besar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain dapat memberikan rasa puas kepada pelanggan, mendengarkan juga dapat memberikan beragam data dan insights untuk bisnis kita ke depannya.

Lebih lengkapnya, mendengarkan pelanggan akan memberikan pengaruh ataupun keuntungan sebagai berikut.

#1 Membantu Memahami Pasar

Data yang didapatkan dari digital listening tool seperti Ripple10, berisi tentang obrolan di dunia digital serta analisisnya. Data ini nantinya dapat diolah untuk memberikan pemahaman pasar yang lebih baik.

#2 Membantu Memahami Pelanggan

Alasan kedua, dengan social listening, kita dapat mengetahui dan memahami apa yang membuat pelanggan merasa puas serta apa yang mereka inginkan terhadap produk kita. Dengan begitu, pemaham ini nantinya dapat berfungsi untuk pengembangan produk atau layanan kita.

#3 Membantu Memahami Kompetitor

Social listening akan menyediakan analisis dan monitoring terkait kompetitor atau pun persaingan di pasar. Ripple10, sebagai digital listening tool pun menyediakan fitur untuk menganalisis data dan insights mengenai kompetitor serta pasar. Hal ini akan memberikan kita kesempatan yang jelas mengenai sepak terjang yang dilakukan oleh kompetitor.

#4 Membantu Menyediakan Customer Care yang Baik

Dengan social listening, kita dapat secara lebih mudah mengidentifikasi feedback positif ataupun negatif dari pelanggan. Seperti halnya fitur yang dimiliki oleh Ripple10, kita dapat melihat sentimen pelanggan terhadap produk kita dari percakapan di ranah digital. Dengan pemetaan ini, tentunya akan memudahkan tim Customer Service untuk menangani feedback yang masuk terhadap merek kita.

#5 Membantu Mengidentifikasi Influencers dan Advocates

Digital listening tool seperti Ripple10, memiliki fitur untuk mengidentifikasi orang-orang, user, atau pelanggan yang terbilang berpengaruh. Orang-orang yang termasuk berpengaruh terhadap merek Anda ini, biasanya akan senang membicarakan kebaikan tentang produk Anda dan menghadirkan pelanggan baru untuk produk atau merek Anda. Sedangkan Advocates, tergolong pelanggan yang sangat puas dengan produk atau merek kita sehingga akan senang hati memberikan testimoni atau pujian tanpa imbalan.

Mendengarkan pelanggan tentu bukan hal mudah, mengingat banyak saluran digital yang digunakan sebagai media komunikasi. Namun, proses mendengarkan pelanggan akan lebih mudah ketika menggunakan digital listening tool sepertihalnya Ripple10. Menariknya, dengan menggunakan Ripple10, kita tidak hanya sekadar mendengarkan tetapi juga akan mendapatkan insight tentang kompetitor serta fitur unggulan lain seperti buzzer tracking, public relation dashboard, hingga alert system. Jadi, yuk, mulai untuk mendengarkan pelanggan Anda menggunakan Ripple10!