Yuk, Gunakan Laporan Analisa Media untuk Evaluasi Kinerja Akhir Tahun!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.

"Laporan analisa media, laporan yang berisi analisis tentang penggunaan media, baik media tradisional maupun media digital, oleh suatu perusahaan atau organisasi"

Evaluasi setiap akhir tahun merupakan salah satu cara untuk menilai kinerja perusahaan selama satu tahun. Hal ini bisa membantu perusahaan untuk menentukan arah kebijakan dan strategi untuk tahun berikutnya, mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan yang terjadi selama tahun tersebut, serta memperoleh gambaran mengenai apa yang perlu diperbaiki atau diubah demi mencapai tujuan perusahaan. Evaluasi setiap akhir tahun juga bisa membantu perusahaan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya dengan lebih efektif, serta memberikan umpan balik kepada karyawan mengenai kinerja mereka selama tahun tersebut.

Mumpung sudah akhir tahun, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya! Pastinya evaluasi yang dilakukan juga memerlukan data dan laporan yang akurat. Akan tetapi, saat ini era digital sudah menjamur ke seluruh bidang pekerjaan. Oleh karena itu laporan untuk evaluasi kinerja perusahaan saat ini pastinya juga menganalisis pergerakan digital! Laporan analisa media bisa menjadi data yang membantu perusahaanmu!

Buat kamu yang belum tahu, laporan analisa media adalah laporan yang berisi analisis tentang penggunaan media, baik media tradisional maupun media digital, oleh suatu perusahaan atau organisasi. Laporan analisa media biasanya mengukur indikator-indikator seperti frekuensi, durasi, audiensi, dan reach dari kampanye media yang dilakukan.

Laporan analisa media juga biasanya menyertakan data demografis tentang audiens yang terpengaruh oleh kampanye media tersebut. Laporan analisa media dapat digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengevaluasi efektivitas kampanye media yang dilakukan dan menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

Nah, dengan segala kelengkapan informasi tersebut pastinya kita sudah bisa banyak mendiskusikan hal-hal sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan di akhir tahun! Untuk itu, bagi kamu yang sedang ingin mengevaluasi kinerja akhir tahun, wajib memiliki laporan analisa media ini! Pada artikel ini kamu akan mempelajari alasan mengapa laporan analisa media itu penting, apa saja komponen yang ditampilkan, serta manfaat melihat laporan analisa media!

Mengapa Laporan Analisa Media itu Penting?

Industri kreatif perlu melihat laporan analisa media karena laporan tersebut dapat memberikan informasi yang berguna dalam menyusun strategi media yang lebih efektif, di antaranya:

  • Memahami audiens yang terpengaruh: Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang audiens yang terpengaruh oleh media yang digunakan, sehingga industri kreatif dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi audiens tersebut.
  • Menentukan media yang tepat: Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang frekuensi, durasi, audiensi, dan reach dari media yang digunakan, sehingga industri kreatif dapat menentukan media yang tepat sesuai dengan tujuan kampanye.
  • Membandingkan dengan kompetitor: Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang penggunaan media oleh kompetitor-kompetitor lain, sehingga industri kreatif dapat membandingkan strategi media yang digunakan.
  • Mengevaluasi efektivitas kampanye media: Laporan analisa media memungkinkan industri kreatif untuk mengevaluasi efektivitas kampanye media yang dilakukan, seperti apakah tujuan kampanye tercapai atau tidak.
  • Menyusun strategi media yang lebih efektif: Dengan memiliki informasi yang cukup tentang penggunaan media, industri kreatif dapat menyusun strategi media yang lebih efek.

Apa Saja yang Ditampilkan pada Laporan Analisa Media?

Berikut ini adalah beberapa contoh informasi yang dapat ditampilkan pada laporan analisa media:

  • Frekuensi: Berapa banyak kali media yang digunakan muncul di mata audiens.
  • Durasi: Berapa lama durasi penayangan media yang digunakan.
  • Audiensi: Berapa banyak orang yang menonton atau mendengarkan media yang digunakan.
  • Reach: Berapa banyak orang yang terpengaruh oleh media yang digunakan, termasuk orang yang tidak secara langsung menonton atau mendengarkan media tersebut.
  • Data demografis: Informasi tentang audiens yang terpengaruh oleh media yang digunakan, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan pendapatan.
  • Efektivitas: Analisis tentang efektivitas media yang digunakan dalam mencapai tujuan kampanye, seperti meningkatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan.
  • Perbandingan dengan kompetitor: Perbandingan antara penggunaan media yang dilakukan perusahaan atau organisasi dengan kompetitor-kompetitor lain.

Manfaat Melihat Laporan Analisa Media

Berikut ini adalah beberapa manfaat melihat laporan analisa media:

  • Mengevaluasi efektivitas kampanye media

Laporan analisa media memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengevaluasi efektivitas kampanye media yang dilakukan, seperti apakah tujuan kampanye tercapai atau tidak.

  • Menentukan tindakan perbaikan

Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang kelemahan-kelemahan yang terjadi selama kampanye media, sehingga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

  • Membandingkan dengan kompetitor

Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang penggunaan media oleh kompetitor-kompetitor lain, sehingga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk membandingkan strategi media yang digunakan.

  • Memahami audiens yang terpengaruh

Laporan analisa media dapat memberikan informasi tentang audiens yang terpengaruh oleh media yang digunakan, sehingga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk lebih memahami kebutuhan dan preferensi audiens tersebut.

  • Menyusun strategi media yang lebih efektif

Dengan mendapatkan data dan laporan mengenai analisis media, pastinya strategi bisa dibangun ulang dan dibuat lebih efektif. Hal ini adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan dari laporan analisa media.

Dapatkan Laporan Analisa Media Akhir Tahunmu di Ivosights!

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang laporan analisa media. Selain hal-hal di atas, laporan analisa media jika disebar ke pelanggan juga bisa memberikan gambaran lebih mengenai perusahaan. Nah, untuk kamu perusahaan yang membutuhkan laporan analisa media, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights Comprehensive Analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan dan analisis Big Data. Dengan support dari source yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional, Ivosights dapat menyajikan data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat. Kunjungi website kami untuk mengetahui info lengkap tentang comprehensive analytic pada situr resmi kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami