Tips & Trick

Strategi Merancang User Interface (UI)

User Interface (UI) atau disebut rancangan antar muka merupakan tampilan suatu situs atau aplikasi yang akan dilihat oleh pengguna. Sedangkan untuk membuat rancangan UI yang menarik dan mudah digunakan, harus memperhatikan beragam faktor.

Pada dasarnya, membuat rancangan UI dari suatu situs atau aplikasi bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar tercipta tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Rancangan yang terlalu kompleks justru akan membuat pengguna menjadi malas untuk menjelajahi setiap website ataupun aplikasi. UI designer juga harus menempatkan dirinya di posisi sebagai pengguna untuk dapat memahami kebutuhan pengguna nantinya.

Sebelum mulai mendesain tampilan UI dari website atau aplikasi Anda, yuk, simak aturan-aturan yang harus diperhatikan berikut.

#1 Pertahankan Konsistensi

Konsistensi sangat diperlukan agar pengguna bisa dengan mudah memahami bahwa mereka masih berada dalam situs atau aplikasi yang sama. Dalam hal ini, sebagai contoh, penerapan konsistensi ini dapat dilihat dari penempatan setiap tombol, logo, ataupun warna yang akan digunakan dalam sebuah website atau aplikasi. Itu sebabnya, untuk memastikan konsistensi tetap terjaga, Anda harus membuat suatu standar sehingga semua desain akan mengacu pada standar tersebut.

#2 Riset Target Audiens

Kenali siapa saja yang akan menggunakan situs atau aplikasi Anda. Pikirkan tentang usia, jenis kelamin, daerah, kebudayaan sehingga tampilan yang akan Anda ciptakan tidak akan membingungkan mereka. Gunakan desain yang sederhana dan nyaman bagi pengguna sehingga mereka betah dan mudah masuk ke situs atau aplikasi Anda.

#3 Ciptakan Navigasi yang Sesuai Workflow

Menerapkan navigasi antar layar yang sesuai workflow, akan membuat pengguna lebih mudah dalam mengakses suatu website atau aplikasi. Mengingat, bila pengguna merasa kesulitan untuk melakukan perpindahan dari satu layar ke layar, mereka akan menjadi tidak tertarik. Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah setiap pengguna mempunyai pendekatan yang berbeda sehingga aplikasi yang dibuat harus mampu menampungnya.

#4 Berikan Form yang Sederhana

Jangan buat pengguna langsung bosan saat baru mendaftar pada situs atau aplikasi Anda. Berikan step dan form pendaftaran yang sederhana dan singkat namun menarik agar pengguna tetap nyaman ketika mendaftar.

Itulah aturan-aturan yang harus Anda terapkan dalam merancang User Interface (UI) agar tampilan situs dan aplikasi Anda menjadi mudah digunakan dan lebih menarik. Selain itu, jika terdapat pembicaraan negatif mengenai website yang Anda rancang, Anda bisa menggunakan digital listening tool seperti Ripple10 untuk melakukan crawling percakapan tersebut. Atau, Anda pun dapat menggunakan customer care platform, Sociomile untuk menampung beragam keluhan dan menjawabnya hanya melalui satu platform. Selamat merancang![JA]

Media Partner

Hi there,
We would like to collaborate with your media in providing social media conversation related to specific topics. Mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443

Contact Form

Hi there,
Get in touch by mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443

Hire Form

Hi there,
Join us by drop your CV at [email protected] or fill form below:

Request Demo

Hi there,
You can request demo by mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443