Tips & Trick

Mengenal Beberapa Proses Penting dalam Metode Scrum

Scrum adalah kerangka kerja dalam pengembangan suatu produk perangkat lunak agar menghasilkan produk yang bernilai tinggi. Metode ini merupakan salah satu subset dari metodologi Agile yang telah lama dikenal. Menurut sejarahnya, metode Scrum sendiri, kali pertama diperkenalkan melalui artikel berjudul “The New New Product Development Game” yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review pada 1986.

Saat ini, metode Scrum telah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Spotify dan bahkan, para start-up pun ikut menggunakannya. Metode ini biasanya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari development team, product owner, dan scrum master. Dalam pengaplikasiannya di kehidupan nyata, ada beberapa proses penting dalam Scrum seperti di bawah ini.

#1 Product Backlog

Pada proses ini, seluruh bagian produk yang akan diproduksi, diteliti secara detail. Semua keperluan sistem―seperti fitur yang akan digunakan―disusun dan dikumpulkan informasinya. Sebuah to-do-list diperlukan untuk mencatat keseluruhan detail produk sesuai keinginan pasar.

#2 Sprint Planning

Meeting Sprint adalah kotak yang berisi periode kerja dan fokus pada pengiriman produk sesuai item yang diperlukan dalam product backlog. Sprint selalu ditetapkan secara konsisten dan sprint lain akan langsung dikerjakan setelah sprint pertama selesai.

#3 Daily Scrum

Daily scrum adalah pertemuan tim Scrum setiap harinya untuk melaporkan dan membahas sejauh mana proyek telah berjalan dan apa saja hambatan yang terjadi. Daily scrum harus dilakukan setiap hari.

#4 Sprint Review Meeting

Setiap anggota tim akan melaporkan dan mendemonstrasikan hasil kerja mereka dalam satu sprint. Sprint review hanya dilakukan setelah satu sprint telah selesai.

#5 Sprint Retrospective

Sprint retrospective dilaksanakan pada akhir dari setiap sprint. Pada proses ini, setiap anggota akan memberikan pendapat mengenai kinerja tim tanpa membahas sisi teknis sebuah proyek sehingga kinerja tim pada sprint berikutnya akan jauh lebih baik.

Dengan menggunakan metode Scrum, proyek pengembangan suatu produk akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien sehingga produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi. Selain itu, jika terdapat pembicaraan negatif mengenai website yang Anda rancang, Anda bisa menggunakan digital listening tool seperti Ripple10 untuk melakukan crawling percakapan tersebut. Atau, Anda pun dapat menggunakan customer care platform, Sociomile untuk menampung beragam keluhan dan menjawabnya hanya melalui satu platform. Selamat merancang![JA]

Media Partner

Hi there,
We would like to collaborate with your media in providing social media conversation related to specific topics. Mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443

Contact Form

Hi there,
Get in touch by mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443

Hire Form

Hi there,
Join us by drop your CV at [email protected] or fill form below:

Request Demo

Hi there,
You can request demo by mail us at [email protected] or fill form below:

You're also very welcome to come to our command/media center at:
Jl. Tebet Barat 7 No. 3, Jakarta Selatan.
Phone (021) 28543443